Kenapa Masyarakat di Australia Mau Menggunakan Transportasi Publik

Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang menganut sistem commonwealth dan merupakan salah satu negara tujuan favorit pelajar maupun wisatawan Indonesia. Selain kedekatan geografis dengan Indonesia, beragam kegiatan perekonomian dan kemasyarakatan di Australia sudah sangat teratur juga memberikan rasa nyaman bagi pendatang. Pemerintah Australia sangat memperdulikan kesejahteraan rakyatnya dengan menyediakan berbagai pelayanan dan fasilitas publik yang sangat baik. Karena pernah tinggal cukup lama disana, saya akan membahas tentang fasilitas transportasi publik di salah satu negara bagian terpadat di Australia yaitu New South Wales (NSW). 

Pemerintah NSW menyediakan beragam pilihan transportasi publik baik jalur darat maupun perairan bagi warganya maupun pengunjung yaitu train (kereta api), light rail, metro, bus, taxi dan ferry

1. Train

Jenis transportasi Train terbagi atas Intercity Trains Network yang melayani wilayah di pinggiran Sydney dan NSW Trainlink untuk regional NSW. Sedangkan Sydney Trains Network melayani wilayah metropolitan Sydney dari Utara, Timur, Selatan dan Barat. 
Umumnya gerbong train terdiri 2 tingkat (double decker) sehingga disaat jam sibuk tidak perlu kuatir tidak kebagian tempat duduk.

Sydney train beroperasi dari sekitar jam 03:00 - 01:00 (22 jam) setiap hari. 

2. Light Rail

Light rail di Sydney telah ada sejak tahun 1990 namun saat ini jalur yang dilayani semakin luas ke hampir seluruh penjuru kota Sydney. 
Jarak antara setiap kereta umumnya sekitar 15 menit tergantung kepadatan penumpang.

Light rail beroperasi dari sekitar jam 05:00 - 01:00 (20 jam) setiap harinya.





3. Metro

Sydney Metro merupakan kereta ringan dengan rel khusus diatas jalan. Metro merupakan kereta generasi baru tanpa pengemudi yang menawarkan perjalanan yang lebih cepat dibanding moda transportasi darat lain. Pada saat tulisan ini dibuat metro baru melayani 13 stasiun di metropolitan Sydney. Jarak antara setiap metro cukup dekat sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama.

Metro beroperasi dari sekitar jam 05:00 - 01:00 (20 jam) setiap harinya.


4. Bus

Sydney Bus melayani wilayah yang cukup luas selain metropolitan Sydney juga wilayah regional NSW. Khusus di wilayah metropolitan Sydney, bus mempunyai jadwal tetap sehingga pengguna dapat tahu kapan bus yang ditunggu akan datang. Dengan jumlahnya armada banyak dan waktu kedatangan yang terjadwal umumnya bus di Sydney tidak terlalu padat penumpang. Kebanyakan bus di Sydney juga aman bagi pengguna disabilitas.

Bus di jalur yang cukup sibuk umumnya beroperasi 24 jam setiap harinya.

5. Taxi

Bagi yang ingin bepergian lebih praktis dan tidak mau berdesakan bisa menggunakan pilihan taxi. Taxi tersedia cukup banyak di Sydney dan umumnya menggunakan jenis kendaraan yang cukup besar ukurannya.
Penumpang tidak perlu menunggu taxi di tempat khusus karena taxi bisa berhenti di segala tempat yang aman.
Selain itu, bagi penyandang cacat juga tersedia taxi khusus.


6. Ferry

Sydney ferry melayani penyeberangan dari kota Sydney bagian selatan ke utara. Selain sebagai sarana penyebrangan jarak dekat, ferry juga melayani beberapa tujuan wisata lokal seperti Manly beach, Taronga Zoo, Cockatoo island dan banyak tempat lainnya. Jika beruntung pengguna dapat melihat kawanan lumba-lumba yang berenang mengikuti ferry.

Ferry beroperasi dari sekitar jam 05:00 - 01:00 (20 jam) setiap harinya.


Transportasi publik di NSW selain mencakup wilayah layanan yang luas, fasilitas modern yang bersih dan aman, juga menawarkan biaya yang jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan transportasi pribadi. Saat ini pengguna NSW transport (selain taxi) bisa membayar menggunakan "Opal Card". Dengan opal card pengguna dapat mengunakan fasilitas transportasi publik dengan biaya yang sudah dibatasi maksimal yaitu: A$16.8 perhari, A$50 perminggu atau $8.40 untuk hari Sabtu, Minggu atau Libur. 

Selain itu, pemerintah NSW juga memberikan potongan harga bagi pengguna tertentu seperti anak muda, anak sekolah, lansia, pensiunan, penyandang disabilitas dan veteran.

Sebagai upaya mendorong masyarakat pengguna kendaraan pribadi untuk menggunakan transportasi publik, pemerintah NSW juga menyediakan lahan parkir gratis bagi pengguna transportasi publik. Pengguna hanya check in di lahan parkir menggunakan opal card mereka dan tidak ada biaya yang dikenakan untuk parkir kendaraan mereka.

Berikut adalah map rute train, metro dan lightrail sebagai referensi. Bagaimana pendapat teman-teman jika dibandingkan transportasi publik di ibukota negara kita?

Sydney Rail Network

Sydney Light Rail


Sumber: 
- Transportnsw.info
- Opal.com.au
- Sydneymetro.info

Comments

Popular posts from this blog

Anak yang sejak lahir WNI "dipaksa" negara untuk mendaftar berkewarganegaraan ganda

Pengalaman Buruk di Praktek Dokter Hewan Bersama Sunter, Jakarta

Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK